Kegiatan Ping Shuai Gong di Jakarta

Pertengahan November yang lalu, saya temukan link di Facebook berisi testimoni manfaat Ping Shuai Gong di Jakarta yang diposting oleh salah seorang pengurus perguruan Meimen Qigong dari Taipei.

Posting itu masih bisa dilihat di sini, dan untuk memudahkan, posting tersebut sudah saya jadi kan posting terbuka. Yang membikin saya tertarik, karena video itu direkam dalam bahasa Indonesia dengan subtitle dalam bahasa Tionghoa, bukan sebaliknya.

Saya mulai tertarik pada Ping Shuai Gong setelah saya temukan surat dokter Shu Tafu, seorang ahli bedah syaraf Taiwan yang terkena kanker usus besar tapi bisa selamat antara lain berkat kegigihan berlatih Qigong sederhana bernama Ping Shuai Gong ini. Awal mulanya saya terjemahkan surat itu, serta tulisan-tulisan dan bagian buku Dr. Shu lainnya dalam bahasa Mandarin itu ke dalam bahasa Inggris. Ketika beberapa sanak keluarga saya terkena kanker di tanah air, saya terus menterjemahkan lagi tulisan-telisan itu ke dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan mereka mengikutinya. Sayang tulisan-tulisan itu tidak menolong karena memang tidak semua orang bisa menerima isi tulisan-tulisan itu. Mereka menempuh metode pengobatan biasa lewat kemo dan akhirnya tidak menolong sama sekali.

Saya sangat gembira menemukan tertimoni ini karena itu berarti Ping Shuai Gong sudah sampai di Jakarta. Nah, ini ada yang sudah berhasil sembuh setelah berlatih Ping Shuai Gong. Mudah-mudahan bisa membantu mereka yang butuh pengobatan murah ini.

Saya sendiri sekarang lebih pusatkan perhatian saya pada Qigong aliran lain, karena saya lagi membantu istri saya berlatih untuk mengurangi kesulitan dari Penyakit Parkinson yang sedang menggerototi kesehatannya. Sebelum beralih ke aliran baru itu berkali-kali saya menulis ke teman-teman di Meimen menanyakan urusan Parkinson, tetapi tidak dapat balasan. Walaupun begitu saya sangat menganjurkan latihan ini buat teman-teman lain karena beberapa alasan berikut:

  • Gerakannya sangat sederhana
  • Tak butuh latihan atau peralatan khusus
  • Tak butuh biaya besar untuk belajar
  • Hasilnya sudah banyak dilaporkan

Setelah menemukan beberapa video lagi dalam bahasa Indonesia tentang Ping Shuai Gong di youtube, saya putuskan untuk menaruh salah satu video dari tiga video yang di pasang sdr. Fidel Husni itu di sini.

Saya merasa, latihan sederhana ini sangat berguna buat mereka yang terkena berbagai penyakit kronis. Yang bikin saya kagum, ada dua laporan dari Taiwan tentang penderita kanker prostat yang tiap hari berlatih selama dua jam dan bisa sembuh tanpa obat. Semua itu pernah saya tulis dalam berbagai postingan yang linknya saya taruh di bawah.

Bila anda ingin membaca hasil terjemahan saya yang berkaitan dengan Ping Shuai Gong, silahkan periksa tiga link berikut ini:

  1. Postingan Ping Shuai Gong dalam bahasa Indonesia
  2. Postingan Ping Shuai Gong dalam bahasa Inggris (1)
  3. Postingan Ping Shuai Gong dalam bahasa Inggris (2)

Beberapa hari lalu, saya mendapat kabar dari pak Peter Wu yang bisa anda lihat dalam video di atas, kalau beliau telah mengirimkan rekaman CD beliau untuk saya. Bila ada yang belum tercakup dalam postingan ini, saya akan posting di sini.

Informasi untuk kontak pak Peter di Jakarta ada dalam bagian komentar video berikut di

Semoga bermanfaat!*

Disclaimer: Postingan ini sekedar berisi informasi dan bukan petunjuk medis. Anda perlu konsultasi dengan dokter anda sebelum mencoba langkah yang ada dalam postingan ini.

This entry was posted in Qigong atau Chi Kung. Bookmark the permalink.

40 Responses to Kegiatan Ping Shuai Gong di Jakarta

  1. Drt says:

    Buat yang tertarik, ini ada video menarik tentang Ping Shuai Gong dengan subtitle bahasa Inggris:
    https://www.youtube.com/watch?v=8NYsZ2TzJhY
    Semoga membantu.

  2. Nita says:

    Yth Pak Drt, saya ingin menanyakan tempat latihan qigong ping shuai gong dan baduanjin di jakarta. Informasi mengenai no kontak Pak Peter Wu tidak bisa saya temukan di link youtube yang diberikan.

    Mohon informasinya, terima kasih.

    Salam,
    Nita

    • drt says:

      Sdri Nita, ini saya copykan dari komentar video tersebut yang bisa ditonton di youtube. Saya sudah koreksi link dan sekalian menaruh video wawancara dengan Pak Peter itu dalam postingan di atas. Komentarnya dari Meimen Pusat di Taiwan, makanya selain alamat, jam dan nomor HP, semua ditulis dalam bahasa Mandarin seperti ini.

      印尼雅加達團練: 時間:每週一~週六,06:30~07:00am 地址:JALAN RAJAWALI SELATAN RAYA GERBANG PELANGI KOTA BARU BANDAR KEMAYORAN DEPAN KANTOR TIENS . 聯絡人:吳漢賢師兄 0811 838675

      Artinya:

      Latihan di Jakarta: Waktu 06:30-07:00 AM. Alamat: Jalan Rajawali Selatan Raya Gerbang Pelangi Kota Baru Bandar Kemayoran Depan Kantor Tiens. Kontak: Bapak Peter Wu Han Xian 0811 838675.

      Semoga ini membantu, dan terima kasih sudah mampir.

      • Wawan says:

        Halo update jadwal latihan Senin sd Sabtu mulai jam 06.00am, Tks

        • drt says:

          Sdr. Wawan informasikan bahwa jadwal latihan di Jakarta berubah. Saya cek ke Pak Peter dan beliau konfirmasi soal perubahan jadwal itu. Mohon teman-teman di Jakarta yang mau ikut latihan bisa melihat perubahan dari jam 6:30 menjadi jam 6:00 pagi ini.

          • Wawan says:

            Ok pak…kebetulan Sabtu pagi tadi (03Juni), sy ikut latihan pertama kali dgn Pak Peter, nanti mau diajarin lanjut lagi Selasa minggu depan, Tks

            • drt says:

              Saya ikut bergembira untuk anda, Wawan dan terima kasih mau berbagi ke sini. Bolehkah kami tahu mengapa anda tertarik berlatih?

  3. Aan says:

    Bp. DRT trmkah ats infonya. Sy tertarik mau ikut latihan tp di semarang. Sy sdh kontak p. Peter yg akn sgr kirim video latihannya. Beliau tdk mau diganti biaya cetak dan ongkirnya.

  4. Denny l says:

    Saya mau.belajar .saya dibandung.kalau beli CD atau DVD dimana terimakasih

  5. Veve says:

    Halo pak drt,thanks utk postingannya.boleh tau mengenai kabar istri Bapak yg mengalami parkinson? Apakah latihan qikung yg dilakukan dapat menyembuhkan?mohon infonya krn mama saya juga menderita parkinson.trm ksh byk

    • drt says:

      Parkinson itu responsenya berbeda untuk setiap orang. Yang sudah sembuh misalnya Bianca Molle yang kisahnya bisa dilihat di video ini. https://youtu.be/0SCyxlgLqmE
      Dalam contoh ping shuai gong ada dalam postingan atau komentar saya ada testimonial dari seorang penderita Parkinson yang kata beliau sembuh. Coba cari di link yang saya pasang di sana. Karena selama beberapa bulan ini kami sibuk pindah rumah, latihannya agak terganggu. Tetapi secara garis besar saya bisa katakan bahwa Qigong sangat membantu untuk mempertahankan sampai keadaannya tak sampai memburuk. Setelah pindah kami akan mulai latihan yang lebih giat lagi. Semoga jawaban ini membantu.

      • drt says:

        Video testimonial yang saya maksudkan adalah video berikut:
        https://youtu.be/Kd52EkM7sjk
        Coba dengar pengalaman pak FX Haryanto yang berusia 72 tahun dan terkena Parkinson itu. Mungkin bisa cari dan kontak beliau dengan menghubungi pak Petrus lewat informasi yang saya postkan di atas.
        Saya sendiri sebelum latihan Zhineng Qigong sempat hubungi kantor pusat Meimen Qigong di Taiwan menanyakan apakah Ping Shuai Gong bisa membantu penderita Parkinson. Tak ada jawaban. Makanya setelah ketemu ceritera Bianca Molle kami terus belajar Zhineng Qigong ke mana-mana.
        Semoga jawaban ini membantu.

  6. paijo says:

    terima kasih untuk artikelnya. saya juga senang berlatih ping shuay gong. banyak sekali manfaat yg dirasakan. betul2 mantap

  7. Soetjipto. says:

    Saya tertarik dengan ping shuai gong ini dan mencoba berlatih mengikuti yang ada di you tube,klo bisa mendapat info atau di surabaya ada tempat berlatih chi kung ini.

    • drt says:

      Pak Soetjipto yang baik, saya tidak tahu apakah ada kegiatan di Surabaya atau tidak. Saya sendiri saat ini menetap di Honolulu, Hawaii. Mohon pak Soetjipto hubungan bapak Peter Wu di nomor telpon dan alamat dalam jawaban saya pada komentar sdr. Nita di atas.
      Semoga jawaban ini membantu. Selamat berlatih!

      Salam,

      drt.

  8. ng lian hwa says:

    saya mau beli kaos ping shuai gong asli taiwan brp harga kaosnya?. saya sekarang lagi belajar ping shuai gong. berapa nonor telephone anda?

    • drt says:

      Harap kontak pak Peter Wu yang alamat dan nomor telponnya bisa dilihat dalam jawaban saya pada sdr Nita di atas.

      Salam,

      Dr. T.

  9. Norbu says:

    Pak mau tanya, apa ping shuai gong bisa bikin org kurus juga ya? Soalnya ini teman ada yg latih dan jadi kurus dia jadi takut. Thank you pak

    • drt says:

      Maaf, saya hanya membantu menyebarkan informasi tentang PSG. Pertanyaan ini harap dikirimkan kepada pak Petrus Wu yang informasinya ada dalam jawaban saya buat sdr Nita di atas.

      Dr. T.

  10. merry gama says:

    makasih atas artikel ping shuai gong ini, sangatlah bermamfaat buat saya, dan saya mencoba membagi kepada semua teman2 dan saat ini saya terus berlatih ping shuai gong. pokoknya luar biasa gerakan ini ..sekali lagi terima kasih Tuhan dan terima kasih suhu ling fun sen, yang telah mencetuskan ping shuai gong ini.

  11. Claudia Lie says:

    Salam sejahtera pak..
    Saya baru mencoba untuk memulai latihan gerakan Ping Shuai Gong baru-baru ini. Dimanakah saya bisa mendapatkan informasi jelas mengenai manfaat dari melakukan gerakan ini? Apa dasar penjelasan dari melakukan gerakan swing terhadap kesehatan tubuh? Mengapa hitungan ke 5 gerakan berbeda dan pasa sistem tubuh apa yang dipengaruhi? Terima kasih bila ada para mentor dan ahli yang bs menjawab.. Karena bila dijelaskan secara gamblang akan sangat membantu menyebarkan manfaat dari melakukan gerakan ini.. Terima kasih 🙏🏻😇

    • drt says:

      Periksa semua video dari kegiatan Ping Shuai Gong di Jakarta. Penjelasan ada di akhir salah satu video tersebut.

  12. Wahjoe Ws Hadiningrat says:

    Ze ze pak Peter Wu..
    Hatur nuhun infonya
    Semoga yang lain bisa yakin
    Dengkul saya mulai lebih baik..

  13. Hardi Setiadi says:

    Kapan buka cabang di kota Bandung ?
    Saya sdh mencoba sendiri .gk tahu benar atau tidak.
    Sekali latihan itu berapa lama & sehari berapa kali ?
    Soalnya saya sdh pernah di kemo 24 x

    Terima kasih atas perhatiannya.

    • drt says:

      Coba telepon dan tanya pada pak Peter Wu. Nomor telpon beliau ada dalam berbagai komentar di postingan ini.

      Salam,

      Dr. T.

  14. Ketut Suarjana says:

    Yang terhormat Bpk. DRT
    Saya ingin menanyakan apakah di Bali ada perkumpulan senam Ping Shuai Gong? Kalo ada dimana alamatnya dan siapa pelatih nya? Saya ingin mempunyai baju yg ada tulisan mandarin. Mohon bantuannya. Terimakasih

  15. I Md.Susila Adnyana says:

    Sy.mengenal senam ini dr.yutube itupun tangan tidak sengaja pencet2.dn sy tertarik mempraktekkannya,sdh 3 hari sybrutin pagi dan sore hari sm istri sy.manfaat yg sy.rasakan bangun pagi badan terasa ringan..pandangan terasa sangat cerah…sy.terasa lebih rilks dan bekerja lebih focus,semoga sy mendapatkan manfaat yg berlimpah dari senam ini,terima kasih Bpk Petrus

  16. Edith Pinto says:

    Saya baru menemukan senam PSG lewat Yutub da saya sangat tertarik dan baru mengikuti latihan melaui video di Yutube. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit apakah bisa juga mengurangi Berat Badan? Mohon penjelasannya, Salam

  17. Feronika says:

    Bisa minta nomor telepon pak Peter wu?

  18. Sutikno says:

    Yang terhormat Bpk DRT, Saya Sutikno, dari Kota Malang Jawa Timur.
    Saya sangat tertarik dengan senam Ping Shuai Gong, dan mengikuti latihan hanya lewat you tub. Saya ingin mendapat bimbingan yang lebih intensif tentang Ping Shuai Gong, tapi saya tinggal jauh dari Jakarta, dan masih terikat dengan pekerjaan rutin setiap hari.
    Yang saya tanyakan:
    1. Apakah di kota Malang Jawa timur ada perkumpulan Ping Shuai Gong? kalau ada di mana?
    2. Apakah ada buku yang membahas teknik mendetail tentang Ping Shuai Gong yang berbahasa Indonesia atau Inggris?
    Terima kasih atas tanggapan postingan saya ini.
    Salam sehat.

    • drt says:

      Makasih pak Sutikno. Tolong cek di bagian komentar posting saya. Ada info tentang bagaimana menghubungi pak Peter Wu dan beliau pasti bisa menjawab pertanyaan anda di atas.

      Aloha!

      Salam,

      Dr. T.

  19. Willy Widhardjo says:

    Pagi ini saya WA dan kontak Mr. Wu tidak ada jawaban, pas di kantor Thiens, ternyata kosong, agak kecewa rupanya kurang pas waktunya atau tidak berjodoh…

    • drt says:

      Blog ini tak punya akses langsung ke pak Peter Wu dan saya tinggal di Honolulu. Mungkin anda kontak dulu sebelum ke sana.

      Semoga berhasil.

      Dr. T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.