≡ Menu

Ayo Bikin Blog yok!

Buat teman-teman Facebook saya, setiap melihat tulisan bagus mereka saya selalu anjurkan, sebaiknya tulisan seperti itu ditaruh di blog saja. Soalnya kalau mau cari kembali tulisan itu di Facebook, untuk tulisan saya, maksud saya di wall saya sendiripun, harus melalui suatu proses pencarian yang berbelit-belit. Apalagi mau cari tulisan di wall teman di mana saya tidak punya keleluasaan mengoprak-aprik seperti di wall saya sendiri. Akhirnya proses yang berbelit itu akan bikin kita malas, dan sering kali kita jadi batal mencarinya.

Kalau mau tunggu sampai tulisan itu muncul kembali, ya bisa saja. Tapi harus tunggu setahun atau beberapa tahun kemudian, tatkala bulan dan planet berada di satu garis lulus, dan saat tulisan bagus itu muncul pada laman ‘onthisday‘ dan hanya yang bersangkutan atau temannya yang beri komentar di tulisan itulah yang bisa melihatnya di sana. Nah, kalau kebetulan itu adalah hari baik dan bulan baik, salah satu dari mereka mau ‘share’ lagi tulisannya, dan bulan maupun bintang semua berada dalam lintasan yang benar, sehingga anda juga sempat membuka Facebook pada waktu yang tak terlalu jauh dari saat mereka menekan tombol ‘share’, barulah anda bisa melihatnya. Rumit kan?

Sebaliknya kalau tulisan itu ditaruh di blog anda, misalnya seperti di blog ini, maka anda cukup masukkan beberapa kata kunci mengenai judul atau isi tulisan itu di kotak ‘Cari’, dan begitu tekan tombol ‘Cari’, berbagai tulisan yang berkaitan dengan topik itu akan muncul di hasil pencaharian itu. Tinggal klik dan baca. Gampang kan?

Tadinya saya pikir akan menulis khusus tentang cara bagaimana untuk bikin blog sendiri, mengingat pengalaman saya sudah lebih dari 10 tahun blogging. Tapi setelah melihat kenyataan bahwa walaupun sudah pensiun, saya tak sempat mengisi blog sesuai keinginan saya, atau sesering mungkin, maka hari ini saya putuskan bahwa saya hanya akan memberikan beberapa link yang bisa anda pakai untuk mulai membuat blog. Hal itu akan membantu anda menampilkan kembali tulisan-tulisan bagus anda di Facebook, yang dengan mudahnya bisa ditemukan kembali ketimbang tersimpan terus di Facebook. Sayang sekali kan?

Saya pikir di Internet sudah cukup banyak informasi untuk membuat blog, baik yang berbahasa Inggris, maupun berbahasa Indonesia. Untuk yang berbahasa Inggris, dari dulu saya paling senang situs Problogger-nya Darren Rowse. Saya juga senang bukunya ini yang saya beli waktu mulai belajar blogging dulu.

Di Indonesia saya lihat ada beberapa situs yang saya temukan di Google. Misalnya situs Panduan IM atau situs Caramedia. Walaupun tidak sempat menghabiskan banyak waktu di sana, saya pikir, lumayanlah. Tapi coba cek ke Google lagi, karena ada berbagai situs berbahasa Indonesia yang mudah dibaca. Kalau anda punya pertanyaan, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar yang disediakan. Saya harap mereka akan memberi jawaban yang memuaskan buat anda.

Anjuran saya sebisa mungkin jangan pakai situs gratis, karena anda tak punya keleluasaan mau anda apakan situs anda itu. Beberapa hari lalu saya sempat melihat sebuah situs yang membahas cara blogging dan memberikan daftar penyedia jasa internet di Indonesia dan Singapore. Tapi saya lupa dan tidak mencatat nama situs itu. Yang saya ingat dengan rendah hati blogger yang bernama Rifai itu mengaku anak desa yang kebetulan bisa membuat situs untuk membantu orang lain itu. Kalau ada yang tahu situs itu, tolong beri linknya dalam komentar di bawah. Salah satu hal yang saya senang dari situs itu antara lain karena saya temukan berbagai istilah internet dalam bahasa Indonesia.

Ada juga blog yang memberikan daftar penyedia jasa internet lainnya, misalnya blog Hadiwibowo ini. Jangan lupa cek ke situs itu sebelum anda mau coba situs pemberi jasa internet dari luar nageri.

Salah satu keuntungan membuat blog adalah penghasilan sampingan yang bisa diperoleh lewat penghasilan online. Dulu, saya memulai blogging juga gara-gara niat mengumpulkan dana buat membantu operasinya Lukas Mbira dan beberapa penderita lain yang cukup terdokumentasi di Internet. Tapi apakah benar Internet bisa menghasilkan uang, itu juga menjadi tanda tanya besar buat saya akhir-akhir ini, dan terus terang saya cukup menghabiskan waktu dan dana untuk mempelajarinya lewat berbagai program pelatihan yang ada.

Nah, setelah sekian bulan bekerja keras, hari ini secara resmi saya menyatakan bahwa saya akan melihat dan mengevaluasi kemungkinan mencari uang secara ‘online‘. Konsekuensi dari putusan itu, anda akan melihat berbagai iklan mulai bermunculan dalam postingan saya di sini. Terus terang saja, karena sudah pensiun, maka saya akan mencari uang sampingan secara halal di sini. Boleh kan?

Kalau anda membaca ini, wajarlah juga kan kalau saya terima bayaran dari anda? 🤑 Makanya kalau anda baca tanpa membayar, anda perlu berasumsi bahwa saya belum menagih saja. Jangan khawatir, tagihan akan datang lewat pos, email, dan kalau perlu lewat mimpi sekalipun juga okay, asal setelah bangun jangan pura-pura lupa.😀 Yang jelas, anda harus berasumsi bahwa apa yang saya tulis di sini bakal memberikan imbalan uang kepada saya, entah berapa sen atau berapa dollar. Saya mengerjakan semua ini dengan tujuan mendapatkan imbalan itu.

Dan karena anda sudah capek-capek membaca sampai di sini, maka saya sudah sediakan hadiah khusus buat anda dari seorang muda yang sempat mendapatkan penghasilan jut-jutan dari Internet. Yang anda butuhkan untuk dapatkan buku gratis ini cuma dengan membayar ongkos kirim, bukan kepada saya tapi ke situs yang bersangkutan. Tapi maaf beribu maaf, bukunya dalam bahasa Inggris. Jadi bukan salah bunda mengandung, kalau mau cari uang di Internet (secara halal tentunya), paling tidak harus bisa baca bahan berbahasa Inggrislah.

Silahkan klik di SINI atau di kotak iklan di pojok kanan atas untuk dapatkan BUKU GRATIS itu.

Mari kita amati bersama, apakah cari uang di Internet hanya isapan jempol belaka atau ada hasil sungguhan. Tunggu laporan di bulan yang akan datang.*

{ 2 comments… add one }
  • Effi May 28, 2017, 10:59 pm

    Wah, saya baru niat ngoprek FB nyari tulisan selama …8 taon! Nuhun. Menarik tulisannya, DRT (P Aris?).

    • drt May 28, 2017, 11:02 pm

      Iya, nyari di FB kan agak mumet kan, Effi? Semoga bisa ketemu semua yang dicari?
      Mungkin suatu saat saya perlu nulis semacam petunjuk ringkas, dari pengalaman ngoprek FB saya yang bikin mumet itu.
      Makasih sudah mau berkunjung.

Leave a Comment